Minggu, 13 Mei 2012

senii reklame


SENI REKLAME

Seni reklame adalah seni yang digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa dengan gaya yang menawan, untuk meningkatkan gairah membeli pada konsumen. Nilai seninya terdapat pada ungkapan kata atau kalimat, gambar, grafis, dan desain.






Jenis reklame cetak antara lain:
  • Logo
  • Stiker
  • Advertensi
  • Poster
  • pamflet
  • Spnduk
  • Brosur
  • Catalogus
  • Baleho
  • Etalase
  • Cut out display
  • Neon lamp and neon box

    1. Logo
Logo bias menjadi bagian dari bentuk reklame yang lain, baik sebagai inisial atau lambing dari badan usaha, organisasi atau instansi pemerintah.
    1. Stiker
berbentuk gambar atau tulisan pada kertas atau plastic yang ukurannya relatif kecil, bagian bawahnya berperekat. Stiker dapat berisi slogan, kalimat bijak atau promosi produk.
    1. Advertensi
terdapat pada surat kabar atau majalah. Isinya berupa pengumuman atau promosi produk barang atau jasa dalam bentuk gambar dan kalimat.
    1. Pamflet
jenis reklame yang bentuk cetakannya relative sederhana. Berisi penawaran usaha atau ajakan. Penyebarannya dilakukan melalui kendaraan atau ditempel di pinggir jalan.
    1. Poster
bentuk cetakannya relative lebih baik dan lebih besar daripada pamflet. Isinya bias bersifat komersil atau himbauan dengan gambar dan kalimat bijak.
    1. Spanduk
bahannya dari kain memanjang, dicetak dengan tekhnik sablon. Berisi pesan, himbauan atau informaasi dari yayasan atau organisasi politik. Dibentangkan pada pagar atau antar tiang disekitar jalan raya.
    1. Brosur
dicetak diatas keras yang biasanya berlipat. Beriasi tentang keadaan suatu badan usaha atau lembaga pedidikan agar masyarakat yang berkepentingan dapat mengetahui kegiatan dan factor pendukung yang ada.
    1. Katalogus
seperti brosur, tetapi isinya daftar nama, gambar, harga, serta keterangan lainya tentang barang atau jasa yang ditawarkan. Penebaranya banyak dilakukan di gerbang pertokoan, melalui sales, atau tempat usaha yang bersangkutan.
    1. Baleho
berukuran besar terbuat dari triplek, seng, kain tebal atau plstik khusus pada tiang besi yang diletakan pada perempatan jalann strategis atau didepan gedung pertunjukan. Fungsinya mempromosikan produk yang relatif besar atau banyak seperti perumahan, mobil, rokok, film, dan lain-lain
    1. Etalase
berupa ruangan kecil berdinding kaca didepan took atau tempat barang dijual. Berisi display barang-barang yang dijual di took tersebut.
    1. Cut out display
berbentuk tiga dimensi, berupa balon atau model barang yang di promosikan dalam ukuran besar yang diletakan di tempat strategis di sekitar toko.
    1. Neon lamp and neon box
neon lamp terbuat dari susunan lampu pada bidang vertical, sehingga berbentuk gambar berwarna atau kalimat dari produk yang di promosikan. Ritme gelap terang lampu yang sering digunakan pada neon lamp ini menggunakan elektronok otomatis. Tidak termasuk reklame elektronik karena tidak ditayangkan melalui pemancar, sepeti di televise ata radio. Neon box terbuat dari kotak akrilik yang bertuliskan produk yang dipromosikan dan didalamnya terdapat lampu neon.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar